PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami persembahkan
kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat
menyelesaikan penyusunan Program Supervisi Kepala Sekolah
tahun pelajaran 2021/2022
pada SD Negeri 2 Kaliajir
Program
Supervisi Akademi Kepala Sekolah ini disusun dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi
implementasi salah satu kompetensi yang harus
dikuasai dan dilaksankan seorang Kepala Sekolah yaitu kompetensi
supervisi. Yang meliputi supervisi
terhadap Guru dan guru bimbingan dan konseling. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya.
Harapan
kami semoga Program
Supervisi Akademik tahun pelajaran 2021/2022 ini, dapat terlaksana dengan
efektif dan bermanfaat bagi
peningkatan kualitas pengelolaan setiap unit kegiatan
guru di SD Negeri 2 Kaliajir
Terima
kasih kepada semua pihak yang telah membantu
kami dalam penyusunan Program Supervisi ini, terutama kepada Pengawas sekolah
selaku Pembina yang telah
memberi masukan berupa petunjuk bagi tewujudnya Program Supervisi ini.
A. Latar Belakang
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah menegaskan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki lima dimensi kompetensi minimal yaitu: kompetensi kepribadian, manajerial,
kewirausaha-an, supervisi, dan sosial. Kompetensi supervisi kepala sekolah
perlu dikembangkan dalam usaha membantu
guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
Supervisi akademik secara umum merupakan
bantuan profesional kepada gurudalam
meningkatkan kualitas proses pembelajaran sehingga guru dapatmemb antu siswa untuk belajar lebih aktif, kreatif,
inovatif, efektif, efisein
danmenyenangkan. Dalam konteks
kurikulum 2013, kualitas
proses pembelajaranyang harus
ditingkatkan adalah bagaimana guru membantu peserta didik untukmeningkatkan kemampuan
kreativitas mereka melalui
kegiatan mengamati,menanya, menalar,
mencoba, dan membentuk
jejaring dalam prosespembelajaran.
Penjabaran kompetensi supervisi pada
intinya adalah supervisi akdemik dimana
langkah langkah yang dilakukan adalah merencanakan program supervise akademik
dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervise akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan
dan tehnik supervise yang tepat serta
menindak lanjuti hasil supervise akademik terhadap guru dalam rangka
peningkatan profesionalismenya.
Mencermati hasil analisis Program
Supervisi Akademik tahun pelajaran sebelumnya,
secara umum ditemukan beberapa kelamahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran
sekaligus peningkatan profesionalisme guru,
seperti : pengembangan indicator, dan meteri pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif,
penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS), lemahnya penguasaan guru model-model pembelajaran aktif, kurangnya
Karena
itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah
sebagai Supervisor/Penyelia perlu disusun program
supervise akademik secara menyeluruh, dan sistimatis menjabarkan rencana
kegiatan yang akan dilakukan serta
apa tindak lanjut dari hasil supervise akademik setelah kegiatan dilakukan agar menjadi patokan yang signifikan dalam kegiatan akademis di
SD Negeri 2 Kaliajir
A. Rencana Pelaksanaan
Agar pelaksanaan program supervise
akademik dapat terlaksana dengan baik dan memberikan hasil sesuai dengan harapan, sebaiknya
melibatkan Pengawas Sekolah
untuk mendampingi, membina dan memberikan arahan. Karena pelaksanaan supervsis
harus dipersiapkan secara matang dengan langkah langkah sebagai berikut:
1. Langkah Persiapan yang meliputi:
a. Pembentukan Tim Assesor/Supervisor yang diketuai oleh Kepala Sekolah dengan melibatkan guru senior yang
ada dalam lingkungan sekolah yang
berkompeten sebagai anggota. Pembentukan Tim Asesor dilakukan melalui rapat dewan guru. Tim tersebut diperkuat
dengan Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah (contoh format SK terlampir).
b. Setelah
Tim Assesor terbentuk dilanjutkan dengan rapat penyusunan instrument supervise sesuai kebutuhan. (format intrumen supervise
terlampir).
c.
Menyusun jadwal rencana
pelaksanaan supervise.
2.
Pelaksanaan Supervisi Akademik
Pelaksanaan supervise akademik
terhadap Guru diawali
dengan kegiatan:
a. Pra-observasi (Pertemuan awal)
·
Menciptakan suasana akrab dengan guru
·
Wawancara dengan guru melalui
daftar pertanyaan dalam
instrumen pra observasi
·
Membahas persiapan yang dibuat
oleh guru dan membuat kesepakatan mengenai aspek yang menjadi
fokus pengamatan.
· Menelaah RPP guru yang akan digunakan pada saat observasi kelas.
·
Menyepakati instrumen observasi yang akan digunakan
b. Observasi (Pengamatan pembelajaran)
·
Pengamatan difokuskan pada aspek yang telah disepakati
·
Menggunakan instrumen observasi
·
Di samping instrumen
perlu dibuat catatan
(fieldnotes)
·
Catatan observasi meliputi
perilaku guru dan siswa
·
Tidak mengganggu proses
pembelajaran
c. Pasca-observasi (Pertemuan balikan). Dilaksanakan segera setelah observasi
·
Tanyakan bagaimana pendapat guru mengenai proses
pembelajaran yang baru berlangsung melalui
instrumen pasca observasi
·
Tunjukkan data hasil observasi
(instrumen dan catatan)
–beri kesempatan guru mencermati dan menganalisisnya
·
Diskusikan secara terbuka hasil
observasi, terutama pada aspek yang telah disepakati.
·
Berikan penguatan terhadap penampilan guru. Hindari kesan menyalahkan. Usahakan
guru menemukan sendiri
kekurangannya
·
Berikan dorongan moral bahwa guru mampu memperbaiki kekurangannya
d. Pelaksanan supervisi
terhadap guru Bimbingan
dan Konseling, dilakukan dalam betuk supervisi
administrasi program, dan dokumen aktifitas pelayan,
pelaporan dan evaluasi
pelaksanaan program.
Pelaksanan supervisi sedapat mungkin dilakukan dengan mempertimbangkan faktor waktu atau kesempatan antara supervisor dengan guru yang akan disupervisi, yaitu diupayakan pelaksanaannya diluar jam mengajar khususnya untuk Supervisi Administrasi Prencanaan Pembelajaran (APP) dan administrasi perangkat penilaian, misalnya pada jam istirahat atau setelah seluruh kegiatan proses pembelajaran berakhir (setelah siswa pulang).
3.
Analisis Hasil, Pelaporan dan Tindak Lanjut
a.
Analisis hasil dengan
menggunaka format rekapitulasi (terlampir)
b. Pelaporan dan tindak Lanjut menggunakan format (terlampir)
B. Jadwal Pelaksanaan Supervisi
Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2021/2022
Aspek/ Materi Supervisi |
Juli 2021 |
Agustus 2021 |
September 2021 |
Oktober 2021 |
November 2021 |
Desember 2021 |
||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
1. |
Supervisi Administrasi Perencanaan Pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
Supervisi Administrasi Perencanaan Pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Supervisi Administrasi Penilaian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Supervisi Penyusunan RPP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Superisi Kunjunagan Kelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Supervisi Guru BK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Semester Genap Tahun
Pelajaran 2021/2022
No |
Aspek/ Materi Supervisi |
Januari 2022 |
Februari 2022 |
Maret 2022 |
April 2021 |
Mei 2022 |
Juni 2022 |
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
1. |
Supervisi Administrasi Perencanaan Pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Supervisi Administrasi Penilaian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Supervisi Penyusunan RPP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Superisi Kunjunagan Kelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Supervisi Guru BK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Instrumen Supervisi
Pada kegiatan supervisi akademik ini
digunakan instrumen Pra Obervasi berupa daftar pertanyaan yang diajukan kepada guru junior dan instrument penelaahan RPP yang akan
digunakan pada saat pra supervisi, Instrumen lain yang digunakan yaitu instrumen pengamatan pelaksanaan pembelajaran yang digunakan pada saat observasi
kunjungan kelas. Sedangkan
instrumen yang digunakan pada tahap pasca supervisi
menggunakan instrumen wawancara pasca observasi. (Instrumen terlampir pada bagian akhir).
D. Jadwal Supervisi Guru
Waktu supervisi akademik dirancang
berdasarkan jadwal pelajaran guru tatap
muka di kelas, mulai hari Senin sampai dengan Sabtu. Jadwal Supervisi guru terlampir
A. Hasil yang Diharapkan
Seorang guru yang disupervisi melalui
kunjungan kelas oleh Supervisor dengan menggunakan instrumen supervisi yang sesuai dengan standar proses pembelajaran
diharapkan mampu meningkatkan kompetensinya dalam membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
pembelajaran, sesuai dengan tujuan supervisi
akademik. Hasil supervisi
yang didasarkan pada instrumen yang disepakati
di tingkat sekolah, akan dianalisa dan dihitung pencapaiannya secara umum per aspek, dan ditulis saran
pembinaan berdasarkan pencapaian yang dirasa
masih kurang oleh Supervisor. Hasil supervisi akademik yang terkumpul
dapat direkap dalam format yang
tersedia sehingga diperoleh gambaran kinerja guru secara keseluruhan, baik pada saat persiapan atau penyusunan RPP
maupun ketika pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan pembelajaran.
B.
Rencana Kegiatan Tindak Lanjut
Dari hasil supervisi maka dibuatkan
laporan dan ditindak lanjuti. Pada laporannya diberitahukan identitas guru dengan nilai yang didapat dengan menggunakan instrumen
pelaporan. Demikian pula dari hasil tersebut maka ditindaklanjutinya
dengan berbagai cara seperti berikut ini, pertama jika nilai guru sudah baik atau baik sekali maka akan
diminta untuk mengembangkannya pada masa
tahun pelajaran berikutnya, sedangkan apabila nilai guru masih kurang atau hanya cukup maka akan diikutsertakan dalam pendidikan dan pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensinya sebagai guru di sekolah.
Pendidikan dan pelatihan
yang dimaksud dapat dilaksanakna di tingkat satuan pendidikan, MGMP, atau yang diselenggarakan oleh Dinas
Pendidikan. Selain itu, pembinaan untuk
meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan melalui kegiatan In House Training
(IHT), workshop, bimbingan teknis, atau supervisi klinis.
Trimakasih sangat bermanfaat
BalasHapusPosting Komentar